Website Ini Masih dalam Tahap pengembangan, Masukan anda sangat kami harapkan untuk perbaikan kedepannya

Selamat Datang, Semoga dengan hadirnya website ini, dapat meningkatkan pelayanan administrasi dan informasi kepada masyarakat.

 

SEMITAU HULU MENJADI DESA MANDIRI

Administrator 04 November 2019 13:45:05 Kabar Desa

Gubernur Kalimantan Barat Bp. H. Sutarmidji berkomitmen untuk terus mendorong progress perkembangan seluruh Desa yang berada di Kalimantan barat dari level Desa Tertinggal menjadi Desa Berkembang kemudian menjadi Desa Maju dan selanjutnya menjadi Desa Mandiri. Komitmen ini akan berjalan sesuai keinginan apabila seluruh pihak bukan hanya dari Pemerintah juga ikut mendukung, dalam hal ini peran serta masyarakat dan Pemerintahan Desa sangat diutamakan dalam mengembangkan Potensi-potensi yang dimiliki desa, meningkatkan pelayanan dasar bagi masyarakat serta pengembangan pemberdayaan untuk meningkatkan taraf hidup dan ekonomi masyarakat desa dengan mengoptimalkan anggaran yang oleh Pemerintah dititipkan melalui Dana Desa setiap tahunnya.

Desa Semitau Hulu sejak dari tahun 2018 fokus untuk meningkatkan program-program pemberdayaan dengan berbasis pada pengembangan usaha guna peningkatan ekonomi masyarakat dan peningkatan PAD (Pendapatan Asli Desa) dengan tetap memperhatikan kebutuhan Pelayanan Dasar Publik. Alhasil, Berdasarkan hasil IDM (indek Desa Membangun) Tahun 2019 terkategori  dalam status dari desa maju menjadi Desa Mandiri.

Kepala Desa Semitau Hulu (Sajuliarto, SP.) menyampaikan beberapa program-program yang telah dilakukan dengan mengoptimalkan Dana Desa diantaranya :

  1. Pengembangan usaha-usaha kelompok masyarakat untuk bidang usaha mikro, kecil dan menengah dengan program pinjaman Dana Bergulir. Sampai dengan saat ini sudah tumbuh 32 usaha kelompok masyarakat.
  2. Kegiatan usaha BUMDes dengan unit usaha pangkalan LPG 3 kg yang dengan hadirnya kegiatan ini dapat menekan harga LPG bersubsidi yang selama ini dijual jauh diatas HET, namun kini masyarakat dapat membeli sesuai dengan harga HET yang ditetapkan oleh Perbup Kab. Kapuas Hulu. Dalam penyaluran LPG ini BUMDes tidak melayani LPG untuk 16 Rumah Makan, 3 hotel/Penginapan dan beberapa Toserba.
  3. Unit usaha Bumdes lainnya berupa penyewaan tenda dan Gedung.
  4. Pembentukan Koperasi Syariah Desa
  5. Pembuatan Website Desa

Disampaikan juga bahwa Pembangunan infrastruktur fisik yang menggunakan Dana Desa selain untuk peningkatan pelayanan Dasar juga diarahkan untuk pembangunan infrastruktur yang menunjang Peningkatan Ekonomi Masyarakat dan Peningkatan PAD Desa Semitau Hulu diantaranya pembangunan jalan menuju rencana lokasi sawah yang akan terintegrasi dengan konsep Agro wisata forestry, pembukaan lahan desa seluas 5,7 Ha yang akan direncanakan untuk tahun 2020 kedalam konsep Agro Wisata terpadu (TPS3R, Hidroponik & Aquaponik, pertanian dan perkebunan desa, taman bermain anak, fasilitas jogging track dan outbond bagi masyarakat).

Ketua BPD Desa Semitau Hulu (Malindo Nasution) juga menyampaikan bahwa dari hasil musyawarah Dusun yang dilaksanakan oleh BPD pada September lalu untuk rencana tahun 2020, ada beberapa program yang akan kami sampaikan dan diskusikan Bersama pemerintahan desa untuk mempercepat program percepatan peningkatan pertumbuhan ekonomi dan PAD desa, diantaranya menitik beratkan pada program persawahan, pertanian, pariwisata serta perluasan unit usaha BUMDes. Meski tidak seluruh program tersebut mampu ditopang melalui Dana Desa, tetapi BPD Desa Semitau Hulu akan tetap berupaya Bersama Pemerintahan Desa untuk mendorong Program tersebut melalui sumber-sumber pendanaan baik di Pemerindah Daerah, Provinsi bahkan Pemerintah Pusat. Oleh karenanya melalui informasi ini kami atas nama BPD Desa sangat berharap kepada seluruh tingkatan Pemerintahan dan stakeholder yang terkait untuk dapat mewujudkan mimpi kami ini untuk dapat menjadi sesuatu yang nyata, sehingga Predikat menjadi Desa mandiri bukan hanya bungkusan indah saja akan tetapi Konsep Desa Mandiri ini dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat, tegas Malindo Nasution diakhir penyampaiannya. (red/Hadi).

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Desa

KASI KESEJAHTERAAN DAN PELAYANAN SEKRETARIS DESA KASI PEMERINTAHAN KAUR KEUANGAN KAUR UMUM DAN KETATAUSAHAAN KAUR PERENCANAAN DAN PEMBANGUNAN

Sinergi Program

Website Pemda Kapuas Hulu Website Pemprov Kalbar
Website Kemendagri Website Kemendes

Peta Desa

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung